Wednesday, March 23, 2016

My Bike Hacks

Not everything is easy and installed instantly, sometimes you have to tinkering about it and to find the solutions about the problem that happen on your bike(s).
But the results worth it more than not.


This is when my now scarce 28,6 top pull fd broke, wasnt easy to find the replacement.

The pump peg

Light holder on the front rack without interventions

Front rack attachment

Extra water bottle holder

Fender attachment

Saddle bag from mag powder bag for wall climbing

Front rack and lamp holder on the fork

Extra water bottle holder


Solar Eclipse (March 9th, 2016)



Dari kompas:

"JAKARTA, KOMPAS — Peneliti, masyarakat, turis, dan pemerintah mulai bersiap menyambut Gerhana Matahari total, 9 Maret 2016.Gerhana Matahari adalah fenomena langka yang jadi buruan manusia sejak dulu. Kali ini istimewa karena wilayah daratan yang dilalui gerhana total hanya Indonesia.

Jalur totalitas gerhana membentang dari Samudra India hingga utara Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Jalur gerhana itu selebar 155-160 kilometer dan terentang sejauh 1.200-1.300 kilometer, yang kali ini melintasi 12 provinsi di Indonesia.

Provinsi-provinsi itu adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana.

"Lama Gerhana Matahari total (GMT) di Indonesia 1,5-3 menit," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, di Jakarta, Jumat (15/1).

Di pusat jalur gerhana, gerhana total terpendek terjadi di Seai, Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat, selama 1 menit 54 detik dan terpanjang di Maba, Halmahera Timur, Maluku Utara, selama 3 menit 17 detik.

Totalitas gerhana terlama terjadi di satu titik di atas Samudra Pasifik di utara Papua Niugini selama 4 menit 9 detik.

Pada Rabu, 9 Maret 2016, gerhana terjadi pagi hari bersamaan dengan perayaan hari raya Nyepi. Di wilayah Indonesia barat, gerhana mulai pukul 06.20 WIB, sedangkan di Indonesia tengah dan timur pukul 07.25 Wita dan 08.35 WIT. Fase GMT rata-rata terjadi satu jam kemudian.

Selama GMT, piringan Matahari tertutup penuh oleh piringan Bulan dan hanya menyisakan cahaya korona atau bagian atas atmosfer Matahari. "Hari yang terang akan berubah seperti senja untuk sesaat," kata Thomas.

Di luar daerah yang dilintasi jalur totalitas gerhana akan mengalami Gerhana Matahari sebagian (GMS). Daerah yang mengalami GMS akan melihat Matahari berbentuk sabit. "Seluruh wilayah Indonesia, di luar yang mengalami GMT, akan mengalami GMS," lanjutnya
."


Final Touch

Walau hanya terjadi gerhana matahari sebagian di Jakarta, tetapi fenomena ini terasa lebih menarik dibandingkan sebelumnya.Terakhir saya menyaksikan yaitu pada tahun 1983, dahulu informasi tentang gerhana matahari lebih menyesatkan, 32 tahun kemudian masyarakat lebih cerdas dalam mengolah informasi yang ada, sehingga terasa lebih menarik dan bersemangat dalam menyaksikannya.


Semua ingin menyaksikan

Gerhana matahari sebagian

Kapankah kita bisa menyaksikannya lagi?

Dari Kompas:

"Gerhana berikutnya di Indonesia baru akan terjadi lagi pada April 2023. GMT juga akan melintasi lagi Indonesia pada 20 April 2042 yang akan melewati Jambi, GMT 24 Agustus 2082 yang melalui Medan di Sumatera Utara, dan GMT 22 Mei 2096 yang melintasi Lampung dan Kalimantan. Sangat langka."

Hari ini dapat kabar bahwa nanti malam akan terjadi gerhana bulan, mudah2an saya bisa menyaksikannya juga.

Tuesday, March 22, 2016

100km?

Gagalnya acara Jakarta Popular Audax 100km (28/2/2016) dikarenakan cuaca buruk tidak membuat kita surut dan kembali rumah masing2. Kami bikin acara versi kami sendiri, walaupun memakan waktu yang jauh lebih lama dari yang diharuskan, hehe.. (10 jam!). Tapi memang jauh lebih menyenangkan bila bersama teman.

Menunggu start yang tidak pernah dimulai

Bikin start sendiri

First stop

Share the road

Mampir gak ya?

Menara Miring Sunda Kelapa

Peninggalan VOC

Bukan halangan

Yang penting senang


100km kemudian
Minggu berikutnya (6/3/2016) keempat teman saya tidak ada yang ikut acara Jakarta Popular Audax 100km yang diundur. Walaupun saya finish tepat waktu, terasa kurang menyenangkan seperti saat ini...







A Day With a Randonneur

This is my late 70's kitted up Miyata Le Mans

arfrhmn.blogspot.co.id
A Fine Ride

Abandoned Love

arfrhmn.blogspot.co.id
That Sums it Up!

arfrhmn.blogspot.co.id
Lock 'n Roll


arfrhmn.blogspot.co.id
Nice View





Happiness is a Tailwind

arfrhmn.blogspot.co.id
Trip to Pantai Sawarna, Jawa Barat

arfrhmn.blogspot.co.id
Trip to Pantai Sawarna, Jawa Barat

arfrhmn.blogspot.co.id
Trip to Pantai Sawarna, Jawa Barat



Four (Iron)Horsemen Ride

Menikmati Kota Tua dan Hutan Bakau Jakarta bersama Teman (21/02/2016)

Fatahillah Museum Plaza

Fatahillah Museum Plaza

Pos Kota

Jembatan Hutan Bakau

Bridge Over (Un)Troubled Water

Bridge No More

Calmed Down

Bergaya senatural mungkin

Bersama penjaga hutan

Istirahat makan

Tunggangan dan tuannya

Sejuk

Parkir Gratis

Enter at your own risk

Exit with relieve

Checking Out the Scene Like a Boss

Coffee Minority

Under the bridge downtown

Menikmati Akhir Minggu Lalu

New Cockpit

1992 Schwinn CrossCut ganti kokpit, sekarang memakai riser bar dan bar end yang posisinya dipasang agak ketengah menyerupai posisi hood dari drop bar sebagai alternatif posisi tangan dan keranjang dari stainless steel sebagai asesoris dan penambah utilitas sepeda, cukup untuk membawa barang sehari-hari.

arfrhmn.blogspot.com
Sore di Jakarta

Akhirnya ban OEMnya yaitu Panaracer 38 Special yang ukurannya 700x..38c (doh) menyerah satu karena sidewallnya jebol hingga akhirnya saya ganti semua dengan ban Schwalbe Marathon Supreme ukuran 700x40c.

4 Winds Logo

Shifter diganti memakai thumb shifter Deore yang bisa diset menjadi index maupun friction.
Ban depan memakai dynamo hub Shimano LX yang dihubungkan sementara dengan lampu dinamo Busch + Muller dari Bridgestone MB4.

Mengenai Schwinn CrossCut, type ini merupakan cikal/awal dari sepeda hybrid yg sekarang berkembang lagi menjadi 29ers atau monstercross. Dibuat di Taiwan dengan konstruksi lug menggunakan tubing Lightweight Chro-Mo dari True Temper.

Aslinya saya dapat fullstock, sekarang beberapa partsnya sdh custom. Dibawah ini brosur yang saya dapat dari bikecatalogs.org